Rabu, 23 Februari 2011

Travelling ke Madura????? Kenapa tidakkk.......

Orang bilang Madura identik dengan panas dan garamnya. Padahal nggak cuma itu lho, banyak banget tempat menarik yang layak dikunjungi di pulau ini. Karena memang dikelilingi pantai, tentu saja Madura berudara panas, tapi jangan kuatir, panasnya bener bener natural, sedikit sekali terkontaminasi ama debu dan polusi.
Dari Surabaya, Madura bisa dicapai dengan sekitar 15 menit lewat jembatan Suramadu atau sekitar 30 menit dengan fery melintasi selat Madura.

Sesampai di Madura, kabupaten pertama yang kita capai adalah Bangkalan
Di kota ini tempat wisata yang layak dikunjungi diantaranya pantai Rongkang, pantai Sambilangan (ada mercusuarnya loh), pantai Siring Kemuning di Tanjung Bumi, trus kalo udah di Tanjung Bumi, jangan lupa berkunjung ke sentra batiknya yaaa..

salah satu motif batik Tanjung Bumi

pantai Siring Kemuning

Mercusuar di pantai Sambilangan dari kejauhan

pantai Sambilangan

pantai Rongkang

Setelah dari Bangkalan, kota berikutnya adalah Sampang. Disini kita bisa ke pantai Camplong, waduk Klampis, air terjun Toroan (air terjun ini langsung jatuh ke laut lho, diapit bukit kapur dan padang rumput, keren banget deh poko`e), hutan monyet Nipah dan makam Ratu Ibu (Rato Ebu dalam dialek setempat).

sunset @ Camplong

Toroan Waterfall

Klampis Reservoir

makam Ratu Ibu
hutan Nipah

Kemudian sampailah kita di Pamekasan. Di kota ini kita bisa ke pantai Talang Siring, pantai Jumiang, pantai Batu Kerbuy, Api Abadi/ Api Tak Kunjung Padam (pernah dipakai buat nyalain obor pada pembukaan PON lho) ama vihara Avalokitesvara, eh ada juga makam Batu Ampar.

Talang Siring

Jumiang

Batu Kerbuy

bakar jagung langsung diatas tanah/batu di Api Abadi

Api Abadi / Api tak Kunjung Padam

vihara Avalokitesvara

pesarean Batu Ampar

Kota terakhir yang sekaligus kota paling ujung di pulau ini adalah Sumenep. Disini kita bisa ke pantai Lombang, pantai Slopeng serta museum dan Kraton Sumenep.

Slopeng

Lombang

Kraton Sumenep
salah satu koleksi museum kraton Sumenep

2 komentar:

  1. Boleh kasih tau gak lokasi air terjun toroan? Kayaknya bagus banget tu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas ya mas Firman
      air terjun ini ada di desa Ketapang
      di pertigaan Sampang ada petunjuk jalannya koq, ikuti aja .. (kalo dari arah Bangkalan belok kiri, ntr kalo uda masuk Ketapang cari jembatan kedua, ketemu deh .. kalo belum ketemu, nanya orang aja hehehehe)
      view nya memang bagus banget mas, tapiiiiii jangan salah ya, soalnya air terjun ini ga tinggi ga kaya` air terjun lainnya .....

      Hapus